ERDOGAN MENANG


ALENIAsatu - Sengit, ketat, dan mendebarkan. Demikianlah pelaksanaan Pemilu presiden Turki putaran kedua yang telah berlangsung hari Minggu 28 Mei 2023 kemarin. Pemenang dari pemilihan presiden Turki putaran keduatersebut pun telah didapatkan.

Hasil perhitungan suara menempatkan kandidat Petahana yakni Presiden Recep Tayyip Erdogan unggul atas penantangnya pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu. Sebagaimana yang dilansir dari kantor berita Turki Anadolu, hasil perhitungan suara sudah mencapai 97,12% yang dari total tersebut Erdogan meraih 52,21% suara sementara Kilicdaroglu hanya mendapatkan raihan suara sebanyak 47,79%.

Dari jumlah 81 provinsi yang ada, Erdogan menang di 52 provinsi sedangkan Kilicdaroglu hanya menang di 29 provinsi yang lain.

Kirimkan tulisan anda ke ALENIAsatu melalui email redaksi kami redaksialeniasatu@gmail.com dengan menyertakan riwayat hidup singkat berfoto dan nomor telepon yang bisa dihubungi. ALENIAsatu terbuka untuk umum.

Namun, jika dilihat dari total raihan suara secara keseluruhan, Erdogan hanya menang dengan selsih sekitar 2,2jt suara saja. Dengan kemenangan ini, terlepas dari selisih suara yang tipis tersebut, Erdogan akan tetap menjadi presiden Turki untuk masa lima tahun ke depan yaitu periode 2023-2028.

Gema takbir dan tahmid berkumandang di hampir seluruh jalanan kota Istanbul di saat para pendukung Erdogan merayakan kemenangan tipis yang telah diraih. Respon dari dunia internasional pun sudah mulai berdatangan.

Bahkan Emir negara Qatar Syekh Tamim bin Hammad bin Khalifa Al-Tsani menjadi pemimpin pertama dunia yang memberikan ucapan selamat kepada Erdogan melalui twitter-nya, “Saudaraku Recep Tayyip Erdogan, selamat atas kemenanganmu. Saya berharap Anda sukses dalam masa jabatan baru Anda. Saya berharap hubungan kita yang kuat untuk memajukan perkembangan & pertumbuhan negara kita,” tulis Emir. @

Illustrasi by Wikimedia Commons

*) ALENIAsatu terbuka untuk umum. SIlahkan kirim tulisan anda dengan menyertakan riwayat hidup singkat berfoto dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Namun tulisan sepenuhnya menjadi tanggug jawab penulis dan tidak menjadi tanggung jawab redaksi ALENIAsatu. Naskah tulisan bisa dikirim ke email redaksialeniasatu@gmail.com atau ke +62 896-4778-5168 / +62 823-8578-2636 (WA only). Apabila tulisan tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi ALENIAsatu maka redaksi berhak untuk tidak menayangkannya.

Posting Komentar untuk "ERDOGAN MENANG"